Semakin Cepat Dengan Jaringan 4G

27 02 2010

Layanan 4G komersial pertama telah diluncurkan oleh TeliaSonera dan Ericsson di Stockholm, Swedia. Peluncuran komersial tersebut diadakan lebih cepat dari yang telah direncanakan. Tentu Anda penasaran, apakah layanan komersil pertama di dunia tersebut berhasil menghadirkan layanan Internet yang kencang bagi para pelanggannya? Peralatan apa yang harus digunakan para pelanggannya untuk mendapatkan koneksi 4G atau biasa dikenal dengan istilah Long Term Evolution (LTE)?

Para pelanggan TeliaSonera yang ingin memanfaatkan jaringan koneksi 4G dapat menggunakan modem buatan Samsung. Peralatan Samsung tersebut diberi nama Dongle atau GT-B3710. Dengan menggunakan modem tersebut, para pelanggan dapat melakukan download dengan kecepatan hingga 100Mbps. Kecepatan tersebut diklaim sepuluh kali lebih cepat dari servis Turbo 3G. Modem ini telah support range frekuensi LTE yang ada di 2.6GHz. Samsung mengumumkan kalau mereka akan mengupdate versi modem yang sudah ada agar mampu bekerja “backward” sehingga modem tersebut dapat mendukung HSPA dan EDGE.

Sedangkan TeliaSonera menggunakan perangkat hasil pengembangan Ericsson, yaitu RBS6000. RBS6000 menggunakan sebuah jaringan Evolved Packet Core yang merupakan sebuah solusi bachkaul bergerak. Solusi tersebut adalah penerus SmartEdge 1200. Sistem LTE yang mereka gunakan berdasarkan standar 3GPP untuk teknologi radio Long Term Evolution dan teknologi Evolved Packet Core.

Kecepatan yang didapat oleh para pelanggannya sebenarnya tidak mencapai batas maksimal yang dijanjikan. Mereka mendapatkan kecepatan seperti ini:

• Download speed : 42.78Mbit/

• Upload speed : 5.30Mbit/s.

• Ping : 37ms

Cukup cepat, bukan? Apalagi kecepatan tersebut dicapai menggunakan Wireless Modem, bukan melalui kabel LAN. Namun, tetap saja ada kemungkinan kalau yang menggunakan LTE masih sangat sedikit sehingga kecepatan yang didapat sungguh cepat.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: