Overclocking Core i7

27 02 2010

Dari beberapa pengujian yang dilakukan, overclocking Core i7 sedikit berbeda de­ngan Core2Duo dan Core2Quad. Bila overclocking Core2Duo dan Core2Quad dilakukan dengan mengubah kecepatan FSB (Front Side Bus), overclocking Core i7 dilakukan dengan mengubah base clock. Perubahan multiplier juga bisa dilakukan, baik ke bawah maupun ke atas bila Anda menggunakan prosesor dengan multiplier tidak terkunci (unlocked multiplier).

Mengubah base clock tidak hanya mengubah kecepatan QPI, tetapi juga mengubah kecepatan memori. Pengujian lanjut memperlihatkan sesuatu yang menarik dengan overclocking di Core i7. Perbedaan kinerja antara menaikkan base clock (QPI) dan menaikkan multiplier serta menaikkan rasio memori (asychnronous mode) cukup kecil walaupun tetap terlihat. Berkat kontroler memori yang terintegrasi, bottleneck FSB yang selama ini terjadi tidak lagi menjadi masalah. Bila begitu, mengapa masih ada perbedaan kinerja antara meng-overclock QPI dan menaikkan multiplier prosesor serta rasio /divider memori? Jawabannya sederhana. Kontroler memori Core i7 tidak berjalan pada kecepatan yang sama dengan prosesor dan juga ditentukan oleh base clock.

Apakah ada perbedaan antara overclocking Core i7 965 EE dan Core i7 920? Selain fasilitas unlocked multiplier di Core i7 965 EE, tidak ada. Bagaimana dengan kinerja? Pada kecepatan yang sama, sama sekali tidak ada perbedaan kinerja antara Core i7 965 EE dan 920.

Pengujian dengan ASUS P6T berhasil mencapai base clock 200 MHz tanpa masalah. Namun, tampaknya 230-an MHz adalah batas maksimum base clock saat ini. Tanpa mengubah setting voltase prosesor maupun memori, prosesor yang diuji oleh CHIP dapat mencapai kecepatan 4,2 dan 4,13 GHz.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: