Mengetahui Cara Berbicara Efektif Sebagai Kunci Kesuksesan Presentasi

21 02 2010

Presentasi adalah pembicaraan terencana yang sebelumnaya sudah dijadwalkan dan dipersiapkan terlebih dahulu, baik waktu, tempat maupun permasalahan yang akan dibicarakan sehingga persiapan dapat dilakukan sebelumnya.

Agar dapat melakukan presentasi dengan baik dan dapat meraih kesuksesan dalam berpresentasi, padahal yang penting yang perlu dipahami dan dikuasai terlebih dahulu adalah “Cara Berbicara Efektif”. Bila hal ini sudah dilakukan dengan benar, kesuksesan berpresentasi dapat dicapai.

Penyampaian pesan seharusnya dapat dilakukan dengan sistematis, benar, tepat dan tidak terbelit-belit. Itulah yang disebut kunci berbicara efektif dan kunci efektifitas penyampaian pesan ada pada hal-hal berikut : singkat, sistematis, jelas dan dengan bahasa yang tepat.

Berbicara efektif membantu orang agar pesan yang disampaikan dapat mudah diterima dan dimengerti dengan baik, sehingga komunikasi menjadi lebih lancer. Berbicara efektif merupakan sarana penyampaian ide kepada orang atau khalayak secara lisan dengan cara yang mudah dimengerti oleh pendengarnnya.

Dalam berbicara dan berpresentasi, ada dua pihak yang terlibat, yaitu pembicara dan audience yang bertindak sebagai pendengar, pemerhati dan pembaca.

Pada dasarnya, bebicara efektif pada kesempatan apapun terdiri dari 3 unsur pokok, yaitu : pembukaan, isi atau inti permasalahan, dan penutup.


Aksi

Information

One response

8 04 2010
maya chan

huah,,makasih tips dan info supaya bisa presentasi lancar ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: