GPS (Global Positioning System)

21 02 2010

Ketika mendengangar istilah GPS (Global Positioning System), kebanyakan kita mengasisoasikannya dengan GPS receiver, perangkat untuk menerima, membaca,dan menampilkan informasi yang telah diteima oleh gugusan 27 satelit milk Departemen Pertahanan AS yang mengorbit di angkasa bumi. Dari ke -27 satelit ini hanya 24 yang benar-benar beroperasi, sementara 3 lainnya merupakan cadangan jika terdapat kerusakan pada salah satu satelit yang beroperasi.

Cara Kerja GPS

Ke-24 satelit yang dikelola oleh 50th space wing, angkatan udara AS ii mengorbit di ketinggian 19.300km. masing-masing satelit melakukan dua kali rotasi sempurna dalam sehari. Gugusan satelit dan orbitnya dirancang agar disetiap permukaan bumi, paling tidak dpat “melihat” 4 satelit dalam stiap waktu.

GPS receiver yang ada di bumi bertugas menghitung informasi yang diberikan oleh keempat satelit, untuk menentukan lokasi menggunakan perhitungan matematika triliterasi yang sederhana.GPS sendiri menggunakan 3D Triliterasi, karena posisi satelit  yang berada di angkasa.

Diferential GPS

Cara yang paling baru untuk meningkatkan akurasi perhitungan satelit GPS adalah dengan membangun stasiun di bumi penerima GPS, yang dikenal dengan nama Diferential GPS(DGPS). Stasiun bumi ini dibutuhkan sebagai nilai tetap sebuah titik dipermukaan bumi. Stsiun bumi ini akan menghitung kesalahan informasi yang dikirimkan oleh satelit GPS, kemudian mengirimkan koreksinya kepada DGPS receiver, sehingga hasil yang diperoleh akan lebih akurat hingga 1 meter dari lokasi sesungguhnya.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: