Metode-metode untuk Mengembangkan Kompetensi

2 01 2010
  • Metode yang beraneka ragam

Supaya siswa mencapai kompetensi dalam bidangbidang yang berbeda di dalam konteks kerja “dunia nyata” – terutama berhubungan dengan diklat kejuruan yang praktis -, haruslah dipilih metode belajarmengajar yang cocok. Tentu saja setiap pembelajar (instruktur atau guru) lebih menyukai metodemetode tertentu, tetapi kami garis bawahi di sini, bahwa yang membuat metode belajar-mengajar benar-benar efektif adalah perbedaan dan keaneka ragaman metode yang diterapkan.

  • Mengenal dan menguasai setiap metode

Keadaan yang paling baik adalah jika setiap pembelajar mengenal dan menguasai semua metode yang ada supaya pembelajar bisa mengidentifikasikan metode yang paling cocok untuk setiap macam kompetensi. Jadi pembelajar harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari setiap metode.

  • Metode proyek

Dalam bidang kompetensi untuk bekerja sama, salah satu metode yang paling aktuil dan disenangi yang diterapkan oleh perusahaan-perusahaan besar di Jerman adalah metode “learning islands”. Dalam bidang kompetensi untuk bertindak (action competency) yang terkenal adalah metode proyek. Metode ini menjadi semakin penting, bukan saja dalam bidang pelatihan di perusahaan, melainkan juga diterapkan di pusat-pusat pendidikan kejuruan. Perubahan-perubahan dalam masyarakat dan pelatihan di dalam perusahaan tercerminkan paling jelas dalam metode proyek, yang sebagai metode pembelajaran, memberikan banyak keuntungan dilihat dari sudut pedagogis, termasuk hal-hal berikut : Siswa/magang belajar untuk membuat keputusan secara mandiri.

  • Siswa/magang harus belajar untuk mengatur proses belajar secara mandiri.
  • Siswa/magang harus menggali pengetahuan secara mandiri, artinya mencari sendiri informasi dan memutuskan sendiri, informasi yang mana yang dimanfaatkan.
  • Keikut sertaan dalam hal memilih tema proyek, membuat kelompok menghayati tugas-tugas yang harus dilakukan.

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: